Manfaat Buah Tomat Untuk Kesehatan Prostat | Rumah Green World

Manfaat Buah Tomat Untuk Kesehatan Prostat

Manfaat Buah Tomat Untuk Kesehatan Prostat

Tahukah Anda? Buah tomat ternyata mempunyai manfaat luar biasa terhadap kesehatan prostat, bahkan mampu mengobati berbagai penyakit pada prostat. Tentunya tidak akan banyak orang yang tau tentang fakta ini. Untuk itu mari kita simak penjelasan dibawah ini.

Manfaat Buah Tomat Untuk Kesehatan ProstatLycopene adalah fitokimia yang ditemukan pada buah dan sayuran berwarna-warni seperti aprikot, semangka, jambu, jeruk bali merah muda, pepaya, wortel merah, paprika merah, kubis merah dan tentu saja, tomat. Beberapa makanan non-merah seperti asparagus dan peterseli juga mengandung sejumlah kecil lycopene.

Fitokimia adalah senyawa alami yang ditemukan pada tanaman yang memberi buah dan sayuran warna dan aroma yang kita kaitkan dengan mereka. Menariknya, beberapa phytochemical memiliki tindakan spesifik di tubuh kita saat kita mengkonsumsinya. Percaya atau tidak, sebanyak 4.000 fitokimia berbeda diyakini ada di alam!

Dalam keadaan alami, lycopene melindungi tanaman dari tekanan paparan sinar matahari. Pada saat bersamaan, membantu tanaman menggunakan energi matahari untuk membuat nutrisi yang mereka butuhkan. Hewan, termasuk kita manusia, tidak bisa membuat lycopene di tubuh kita. Kita perlu mengonsumsi buah dan sayuran berwarna ini secara teratur untuk memanfaatkan manfaat lycopene secara penuh .

Karena memiliki warna merah tua dan kurangnya toksisitas, lycopene sering digunakan di industri makanan sebagai pewarna makanan. Cara ini juga jauh lebih aman dibanding menggunakan pewarna buatan yang justru memberikan efek negatif terhadap kesehatan. Walaupun begitu, masih banyak industri yang tidak mempertimbangkan poin yang satu ini.

Bagaimana Manfaat Lycopene Terhadap Kesehatan Anda?

Lycopene bertindak sebagai antioksidan – dengan kata lain, ini melawan tindakan “radikal bebas” berbahaya di tubuh kita saat kita mengkonsumsinya. Radikal bebas adalah molekul yang sangat reaktif yang merusak struktur biologis penting di sel tubuh kita, seperti DNA dan protein. Antioksidan membatasi kerusakan radikal bebas yang disebabkan oleh kimiawi dengan cara menetralisirnya.

Banyak penelitian ilmiah yang dilakukan selama beberapa tahun terakhir menunjukkan bahwa likopen bermanfaat bagi kesehatan dengan membantu mencegah kanker prostat, paru-paru, dan lambung. Ada juga beberapa bukti bahwa konsumsi lycopene yang meningkat dapat menurunkan risiko kanker lainnya juga. Tidak hanya itu, konsumsi lycopene dapat membantu menurunkan risiko penyakit kardiovaskular dan stroke, mungkin dengan mengurangi kadar kolesterol LDL atau “jahat”, dan dengan menurunkan tekanan darah.

Studi Tindak Lanjut Profesi Kesehatan yang dilakukan pada tahun 1995 adalah yang pertama yang menunjukkan bahwa likopen pada tomat mungkin memiliki manfaat antikanker, terutama yang dapat membantu menurunkan risiko kanker prostat. Mari kita lihat beberapa bukti ilmiah yang telah muncul sejak saat itu mendukung gagasan menarik bahwa lycopene suatu hari nanti bisa menjadi aset berharga dalam melawan kanker prostat.

Efek Lycopene pada Kanker Prostat di Laboratorium

Dalam studi laboratorium, pengobatan dengan lycopene dapat merusak sel kanker prostat, sehingga menyebabkan mereka tumbuh jauh lebih lambat. Dalam satu penelitian yang menjanjikan, tikus dengan sel kanker prostat manusia yang diobati dengan kemoterapi dan lycopene hidup lebih lama dan memiliki tumor lebih kecil daripada yang diobati dengan kemoterapi saja.

Demikian pula, penelitian lain menunjukkan bahwa kombinasi obat lycopene dan antikanker menghentikan pertumbuhan dan penyebaran kanker prostat jauh lebih efektif daripada bila obat ini digunakan sendiri – tanpa efek samping tambahan.

Studi Kependudukan: Manfaat Lycopene

Studi populasi mencari faktor risiko dan mempelajari bagaimana penyakit dapat dikelola pada kelompok besar orang. Studi semacam itu telah menemukan bahwa tingginya lycopene diet dikaitkan dengan risiko kanker prostat yang lebih rendah pada pria. Misalnya, sebuah ulasan tahun 2013 menemukan bahwa pria yang makan banyak tomat mentah atau dimasak memiliki risiko kanker prostat yang sedikit lebih rendah, terutama jika mereka memiliki riwayat penyakit keluarga sebelumnya.

Dapatkah Lycopene Mencegah Kanker Prostat?

Dalam satu percobaan klinis, pria dengan kondisi yang dikenal dengan hiperplasia prostat jinak diberikan saus tomat selama tiga minggu sebelum operasi terjadwal untuk menyingkirkan kelenjar prostat.

Benign prostatic hyperplasia hanyalah kelenjar prostat yang membesar yang dapat menyebabkan masalah dengan buang air kecil. Kondisi ini dianggap sebagai bagian normal penuaan pada pria dan tidak sama dengan kanker prostat.

Kembali ke topik, mengkonsumsi sajian saus tomat dapat menurunkan kadar antigen spesifik prostat (PSA) pada pasien dengan hiperplasia prostat jinak, dan relatif meningkat terhadap pasien yang tidak diberi saus tomat. PSA dianggap sebagai “penanda” untuk risiko kanker prostat – karena tingkat PSA seringkali lebih tinggi daripada normal dalam darah pria dengan kanker prostat.

Dapatkah Lycopene Digunakan untuk Mengobati Kanker Prostat?

Dalam satu percobaan klinis, pria dengan kanker prostat diberi suplemen lycopene 30 miligram setiap hari selama tiga minggu sebelum operasi prostat. Pada akhir tiga minggu, pria tersebut memiliki tumor lebih kecil daripada pria yang tidak mendapatkan likopen, menunjukkan bahwa likopen memang dapat membantu dalam pengobatan kanker prostat yang sudah muncul.

Menurut ahli kesehatan, walaupun bukti awal terlihat menjanjikan, lebih banyak uji klinis diperlukan untuk memastikan bahwa lycopene memang dapat digunakan untuk mengobati pasien kanker prostat.

Sumber Alam Lycopene

Tomat segar dan produk berbasis tomat merupakan sumber alami lycopene yang hebat.

Namun, tahukah Anda bahwa pure tomat, saus spaghetti, sup tomat, salsa, saus tomat, dan pasta tomat adalah sumber lycopene yang jauh lebih banyak daripada tomat segar?

Satu-satunya masalah adalah bahwa banyak dari produk tomat ini, bila dibeli secara komersial, juga mengandung kadar garam, gula, dan pengawet tinggi. Hal ini membuat mereka jauh lebih tidak sehat daripada mengkonsumsi tomat organik yang masih segar.

Beberapa ahli kesehatan merekomendasikan bahwa untuk memanfaatkan manfaat anti-kanker lycopene, Anda harus mengonsumsi 5-10.000 mikrogram lycopene setiap hari, dari sumber makanan organik.

Mengapa Harus Memilih Suplemen Lycopene?

Manfaat Buah Tomat Untuk Kesehatan ProstatSuplemen lycopene memang bisa menjadi solusi bagi Anda yang ingin mendapatkan manfaat besar dari lycopene. Bagaimana tidak? Supelemen lycopene biasanya berbentuk ekstrak sehingga Anda bisa memenuhi kebutuhan lycopene harian dengan dosis yang telah ditentukan. Suplemen lycopene ini biasanya dikemas dalam bentuk softgel dan dari setiap softgel itu sebanding dengan beberapa buah tomat segar. Hal inilah yang akan membuat Anda lebih mudah mendapatkan khasiat terbaik didalamnya. Terlebih suplemen softgel juga tidak sembarangan dibuat tanpa adanya campur tangan pakar ahli yang memberikan anjuran dosis dan standarisasi pengolahannya.

Lantas, suplemen lycopene jenis dan merk apakah yang harus dipilih?

Saat ini telah banyak beredar produk suplemen lycopene baik di apotik, toko herbal maupun toko-toko online. Namun, tidak semua produk/merk mempunyai kualitas dan kadar yang sama, terlebih jika Anda memilih suplemen dengan harga yang murah. Perlu kecerdasan dan ketelitian dalam memilih produk. Apalagi saat ini juga tidak sedikir ditemukan produk-produk ilegal yang tidak jelas asal-usul dan legalitasnya.

Ada Harga, Ada Kualitas. Tapi penting bagi Anda ketahui, produk luar negeri belum tentu lebih baik dibanding produk lokal. Mungkin saja, harga mahal disebabkan oleh biaya impor/bea cukai, dan bukan dari kualitasnya yang lebih bagus. Pilihlah suplemen yang dilihat dari legalitasnya yang jelas, kualitas bahan baku, dan sistem produksinya. Jika 3 aspek ini sudah jelas, biasanya akan menghasilkan produk yang berkualitas dan harganya pun relatif lebih mahal dibanding suplemen lycopene pada umumnya.

Dan sebagai rekomendasi, Walatra Lycopene Softgel merupakan produk suplemen lycopene yang cukup recomended. Mengapa? Karena produk ini sudah menggunakan teknologi nano yang belum digunakan suplemen lycopene lainnya. Sehingga, khasiat yang bisa Anda dapatkan bisa lebih baik dibanding suplemen lycopene pada umumnya. Untuk informasi lebih lengkap klik Disini

Itulah penjelasan “Manfaat Buah Tomat Untuk Kesehatan Prostat” yang dapat kami sampaikan. Beberapa penjelasan diatas kami kutip dari thetruthaboutcancer.com. Sebuah situs yang menjelaskan tentang berbagai jenis kanker dari mulai penyebab, pencegahan dan pengobatan kanker. Semoga artikel diatas dapat menjadi informasi yang bermanfaat dan dapat Anda share di sosial media sebagai informasi yang baermanfaat bagi lingkungan di sekitar Anda.

Terimakasih

Manfaat Buah Tomat Untuk Kesehatan Prostat

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.